pengertian intermediet frekuensi (IF)


PENGERTIAN INTERMEDIET FREKUNSI (IF)
















Dalam komunikasi dan teknik elektronik, frekuensi menengah (IF) adalah frekuensi di mana gelombang pembawa bergeser sebagai langkah perantara dalam transmisi atau penerimaan. Frekuensi antara dibuat dengan mencampur sinyal pembawa dengan sinyal osilator lokal dalam proses yang disebut heterodyning, menghasilkan sinyal pada perbedaan atau frekuensi beat. Frekuensi Intermediate digunakan dalam penerima radio superheterodyne, di mana sinyal yang masuk dialihkan ke IF untuk amplifikasi sebelum deteksi akhir dilakukan.

Prinsip kerja :
- Dalam pemilihan IF ada beberapa hal yang dipertimbangkan, yaitu jika IF terlalu tinggi akan diperoleh selektifitas yang buruk, sedangkan jika IF terlalu rendah, kestabilan frekuensi dari lokal osilator haruslah tinggi (hal ini dapat diatasi dengan pemakaian osilator kristal) karena pergeseran frekuensi akan akan lebih besar untuk IF rendah dibandingkan IF tinggi. Pada UD-01 ini digunakan dua buah osilator kristal sebagai osilator lokal, jadi terdapat dua  buah mixer, akibatnya ada dua buah IF, yaitu pada frekuensi 54,5 MHz dan 455 kHz. Pemilihan dua buah IF tersebut dengan pertimbangan selektivitas terhadap saluran yang berbatasan cukup sempit.

- Detektor yang digunakan adalah diskriminator yang sudah dirancang didalam suatu modul yang termasuk dalam IF unit. - Penambahan rangkaian squelch control sebelum penguat akhir audio. Cara kerja bagian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : ketika tidak ada sinyal  pembawa di dalam IF 455 kHz maka noise frekuensi tinggi pada keluaran diskriminator akan diperkuat lalu dideteksi oleh detektor, keluaran dari detektor ini berupa tegangan DC yang akan mengakibatkan penguat sebelum tingkat akhir akan tidak bekerja. Apabila sinyal pembawa muncul didalam IF 455 kHz, maka noise akan hilang dari keluaran diskriminator dan penguat akan bekerja normal. Dengan membuka potensiometer squelch akan mengakibatkan penguat bekerja terus sehingga lampu BUSY akan terus hidup.
       


Diagram rangkaian di atas menunjukkan penguat RF yang ideal dari jenis yang ditemukan pada tahap IF dari radio AM. Amplifier ini memiliki respons bandpass dan akan memperkuat sinyal dengan frekuensi sekitar 720 kHz
 
                                                                                       
                                                                                                 



Comments

Popular posts from this blog

contoh puisi menyentuh hati

paint 3D